Amin Rmaja Tnpa Kkasih
Assamualaikum.
Sya m0 tnya..
Durhaka kah sya jka sya mlap0rkan orng tua sya k p0lisi krna sya tau orng tua sya yg salah?
JAWABAN
Wes Qie >>> وعليكم السلام
الموسوعة ج 17 ص 263
أجمع الفقهاْ علي أن الولد الاحتساب عليهما, لأن النصوص الواردة في الامر والنهي مطلقة تشمل الوالدين وغيرهما, ولأن الأمر والنهي لمنفعة الماْمور والمنهي, والأب والأم أحق أن يوصل الولد اليهما ألمنفعة ولكن لا يتجاوز مرتبتي التعرف والتعريف
Ulama fiqh telah sepakat bahwa seorang anak di perbolehkan melakukan amar makruf dan nahi anil mungkar kepada kedua orang tuanya, karena nash nash al quran dan hadis yg datang menjelaskan tentang amar makruf dan nahi anil quran adalah berbentuk mutlak, artinya juga mencakup pada orang tua dan yg lain. di samping itu tujuan amar makruf nahi anil mungkar adalah untuk kemanfaatan orang yg di perintah berbuat baik, dan orang yg di larang berbuat mungkar. sedangkan kedua orang tua lebih berhak mendapatkan kemanfaatan yg di sampaikan oleh anaknya, hanya saja bentuk amar makrufnya dari anak kepada orang tua bersifat pemberitahuan
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/500585443346149/?comment_id=501186716619355&offset=0&total_comments=47
Assamualaikum.
Sya m0 tnya..
Durhaka kah sya jka sya mlap0rkan orng tua sya k p0lisi krna sya tau orng tua sya yg salah?
JAWABAN
Wes Qie >>> وعليكم السلام
الموسوعة ج 17 ص 263
أجمع الفقهاْ علي أن الولد الاحتساب عليهما, لأن النصوص الواردة في الامر والنهي مطلقة تشمل الوالدين وغيرهما, ولأن الأمر والنهي لمنفعة الماْمور والمنهي, والأب والأم أحق أن يوصل الولد اليهما ألمنفعة ولكن لا يتجاوز مرتبتي التعرف والتعريف
Ulama fiqh telah sepakat bahwa seorang anak di perbolehkan melakukan amar makruf dan nahi anil mungkar kepada kedua orang tuanya, karena nash nash al quran dan hadis yg datang menjelaskan tentang amar makruf dan nahi anil quran adalah berbentuk mutlak, artinya juga mencakup pada orang tua dan yg lain. di samping itu tujuan amar makruf nahi anil mungkar adalah untuk kemanfaatan orang yg di perintah berbuat baik, dan orang yg di larang berbuat mungkar. sedangkan kedua orang tua lebih berhak mendapatkan kemanfaatan yg di sampaikan oleh anaknya, hanya saja bentuk amar makrufnya dari anak kepada orang tua bersifat pemberitahuan
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/500585443346149/?comment_id=501186716619355&offset=0&total_comments=47
No comments:
Post a Comment