Occupanti Ultima
mw tnya tntang lelaki yg memakai celana melebihi mata kaki..apakah dosa atau apa hukum dan dalil,y
JAWABAN
Syifa Ramadhany Forza Juventini >>> Hukum yang telah dijelaskan ini adalah hasil dari pemaduan (Taufiq) dan penyatuan (Jam') dari beberapa hadits tentang masalah ini. Pemaduan ini diambil dari hadits riwayat al Bukhari dan Muslim bahwa ketika Nabi r mengatakan :
"من جر ثوبه خيلاء لم ينظر الله إليه يوم القيامة " رواه البخاري ومسلم
Barang siapa menarik bajunya (ke bawah mata kaki) karena sombong, Allah tidak akan merahmatinya kelak di hari kiamat" (H.R. al Bukhari dan Muslim)
Abu Bakr yang mendengar ini lalu bertanya kepada Nabi : "Wahai Rasulullah, sarungku selalu turun kecuali kalau aku mengangkatnya dari waktu ke waktu ?
lalu Rasulullah SAW bersabda
"إنك لست ممن يفعله خيلاء " رواه البخاري ومسلم
Sesungguhnya engkau bukan orang yang melakukan itu karena sombong
(H.R. al Bukhari dan Muslim)
Pendapat yang memperbolehkan isbal tanpa sombong ini,di perkuat dngan sebuah hadits shohih dalam riwayat bukhori,hadits no 3665 sbagai berikut:
من جر ثوبه لم ينظر الله إليه يوم القيامة , فقال أبو بكر الصديق رضي الله عنه : يا رسول الله إن إزارى يسترخى . فقال رسول الله صلى الله علبه وسلم : إنك لست ممن يفعله خيلا ء
Bahwa Nabi Barang siapa yang nglembrehaken pakaiannya ke bawah (mata kaki),maka Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat.Abu Bakar shiddiq RA bertanya :Ya Rosulalloh ini bajuku nglembreh".Rosulullah SAW dawuh:"Sesungguhnya kau bukanlah orang yang menglembrehaken pakaian karena sebab sombong
(HR Bukhori 3665)
Hadits di atas adalah teks/nash shorih dan sangat jelas dalam permasalahan isbal,bahwa yang menjadi standart hukum haramnya adalah sebab kesombongannya.Lafadz جر atau nglembrehaken/isbal di qoyyidi dengan kalimat خيلا ء atau sombong dan itu berarti يخصص عموم من أسبل إزاره mentakhsish keumumam isbal.Atau lebih spesifik ancaman "tidak mendapat rahmat dan kasih sayang Allah pada hari kiamat" adalah mereka yang isbal di serati kesombongan.
****************
Sebagian dalil ulamak menjelaskan hukumnya makruh
Referensi
جاء في شرح صحيح مسلم للنووي
هذا التَّقييد بالجرِّ خيلاء يخصِّص عموم المسبل إزاره، ويدلُّ على أنَّ المراد بالوعيد من جرّه خيلاء، وقد رخَّص النَّبيُّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم- في ذلك لأبي بكر الصِّدِّيق -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- وقال: لست منهم إذ كان جرّه لغير الخيلاء
وجاء في فتح الباري لابن حجر
قال شيخنا في ” شرح الترمذي ” ما مس الأرض منها خيلاء لا شك في تحريمه
قال: ولو قيل بتحريم ما زاد على المعتاد لم يكن بعيدا، ولكن حدث للناس اصطلاح بتطويلها، وصار لكل نوع من الناس شعار يعرفون به، ومهما كان من ذلك على سبيل الخيلاء فلا شك في تحريمه، وما كان على طريق العادة فلا تحريم فيه ما لم يصل إلى جر الذيل الممنوع
ونقل عياض عن العلماء كراهة كل ما زاد على العادة وعلى المعتاد في اللباس من الطول والسع
وجاء في الموسوعة الفقهية الكويتية
وفي المواهب(وهو أحد كتب المالكية) : ما كان من ذلك على سبيل الخيلاء فلا شكّ في تحريمه ، وما كان على طريق العادة فلا تحريم فيه ، ما لم يصل إلى جرّ الذّيل الممنوع من
الشافعية
ذكر البويطي في مختصره عن الشافعي قال: لا يجوز السدل في الصلاة ولا في غيرها للخيلاء، ولغيرها خفيف لقول النبي صلى الله عليه وسلم لأبي بكر إنك لست ممن يصنعه خيلاء حين رآه يتعاهد ثوبه برفعه عن الأرض. ا هـ أفاده ابن حجر في الفتح
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/491507857587241/?comment_id=491732857564741¬if_t=like
mw tnya tntang lelaki yg memakai celana melebihi mata kaki..apakah dosa atau apa hukum dan dalil,y
JAWABAN
Syifa Ramadhany Forza Juventini >>> Hukum yang telah dijelaskan ini adalah hasil dari pemaduan (Taufiq) dan penyatuan (Jam') dari beberapa hadits tentang masalah ini. Pemaduan ini diambil dari hadits riwayat al Bukhari dan Muslim bahwa ketika Nabi r mengatakan :
"من جر ثوبه خيلاء لم ينظر الله إليه يوم القيامة " رواه البخاري ومسلم
Barang siapa menarik bajunya (ke bawah mata kaki) karena sombong, Allah tidak akan merahmatinya kelak di hari kiamat" (H.R. al Bukhari dan Muslim)
Abu Bakr yang mendengar ini lalu bertanya kepada Nabi : "Wahai Rasulullah, sarungku selalu turun kecuali kalau aku mengangkatnya dari waktu ke waktu ?
lalu Rasulullah SAW bersabda
"إنك لست ممن يفعله خيلاء " رواه البخاري ومسلم
Sesungguhnya engkau bukan orang yang melakukan itu karena sombong
(H.R. al Bukhari dan Muslim)
Pendapat yang memperbolehkan isbal tanpa sombong ini,di perkuat dngan sebuah hadits shohih dalam riwayat bukhori,hadits no 3665 sbagai berikut:
من جر ثوبه لم ينظر الله إليه يوم القيامة , فقال أبو بكر الصديق رضي الله عنه : يا رسول الله إن إزارى يسترخى . فقال رسول الله صلى الله علبه وسلم : إنك لست ممن يفعله خيلا ء
Bahwa Nabi Barang siapa yang nglembrehaken pakaiannya ke bawah (mata kaki),maka Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat.Abu Bakar shiddiq RA bertanya :Ya Rosulalloh ini bajuku nglembreh".Rosulullah SAW dawuh:"Sesungguhnya kau bukanlah orang yang menglembrehaken pakaian karena sebab sombong
(HR Bukhori 3665)
Hadits di atas adalah teks/nash shorih dan sangat jelas dalam permasalahan isbal,bahwa yang menjadi standart hukum haramnya adalah sebab kesombongannya.Lafadz جر atau nglembrehaken/isbal di qoyyidi dengan kalimat خيلا ء atau sombong dan itu berarti يخصص عموم من أسبل إزاره mentakhsish keumumam isbal.Atau lebih spesifik ancaman "tidak mendapat rahmat dan kasih sayang Allah pada hari kiamat" adalah mereka yang isbal di serati kesombongan.
****************
Sebagian dalil ulamak menjelaskan hukumnya makruh
Referensi
جاء في شرح صحيح مسلم للنووي
هذا التَّقييد بالجرِّ خيلاء يخصِّص عموم المسبل إزاره، ويدلُّ على أنَّ المراد بالوعيد من جرّه خيلاء، وقد رخَّص النَّبيُّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم- في ذلك لأبي بكر الصِّدِّيق -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- وقال: لست منهم إذ كان جرّه لغير الخيلاء
وجاء في فتح الباري لابن حجر
قال شيخنا في ” شرح الترمذي ” ما مس الأرض منها خيلاء لا شك في تحريمه
قال: ولو قيل بتحريم ما زاد على المعتاد لم يكن بعيدا، ولكن حدث للناس اصطلاح بتطويلها، وصار لكل نوع من الناس شعار يعرفون به، ومهما كان من ذلك على سبيل الخيلاء فلا شك في تحريمه، وما كان على طريق العادة فلا تحريم فيه ما لم يصل إلى جر الذيل الممنوع
ونقل عياض عن العلماء كراهة كل ما زاد على العادة وعلى المعتاد في اللباس من الطول والسع
وجاء في الموسوعة الفقهية الكويتية
وفي المواهب(وهو أحد كتب المالكية) : ما كان من ذلك على سبيل الخيلاء فلا شكّ في تحريمه ، وما كان على طريق العادة فلا تحريم فيه ، ما لم يصل إلى جرّ الذّيل الممنوع من
الشافعية
ذكر البويطي في مختصره عن الشافعي قال: لا يجوز السدل في الصلاة ولا في غيرها للخيلاء، ولغيرها خفيف لقول النبي صلى الله عليه وسلم لأبي بكر إنك لست ممن يصنعه خيلاء حين رآه يتعاهد ثوبه برفعه عن الأرض. ا هـ أفاده ابن حجر في الفتح
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/491507857587241/?comment_id=491732857564741¬if_t=like
No comments:
Post a Comment