Ahmad Hayatami
Assalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh !
Bagaimana hukumnya tertidur pada saat khutbah Jum'at berlangsung hingga selesai
dengan catatan posisi duduk yg tidak berkemungkinan membatalkan ?
JAWABAN
Wes Qie >>>
وعليكم السلام
(حاشية البجيرمي علي الخطيب ج 1 ص 351)
قَوْلُهُ: (وَإِسْمَاعُ الأَرْبَعِينَ) أَيْ بِالْفِعْلِ بِأَنْ يَكُونَ صَوْتُ الْخَطِيبِ مُرْتَفِعًا يَسْمَعُهُ الْحَاضِرُونَ لَوْ أَصْغَوْا. هَذَا فِي الإِسْمَاعِ, وَأَمَّا السَّمَاعُ مِنْهُمْ فَبِالْقُوَّةِ عَلَى الْمُعْتَمَدِ مَرْحُومِيٌّ وَمِثْلُهُ ق ل. وَعِبَارَةُ ق ل: وَإِسْمَاعُ الأَرْبَعِينَ بِأَنْ يَرْفَعَ صَوْتَهُ بِقَدْرِ مَا يَسْمَعُونَ وَإِنْ لَمْ يَسْمَعُوا لِوُجُودِ لَغَطٍ ; قَالَ شَيْخُنَا: أَوْ نَوْمٍ بِخِلافِهِ لِصَمَمٍ أَوْ بُعْدٍ ا هـ. وَذَكَرَ خِلافَهُ فِي حَاشِيَةِ التَّحْرِيرِ, فَقَالَ: فَلا يَضُرُّ نَحْوُ لَغَطٍ وَيَضُرُّ نَوْمٌ إلَخْ. وَاعْتَمَدَهُ مَشَايِخُنَا. قَالَ الرَّحْمَانِيُّ: قُلْتُ: الظَّاهِرُ أَنَّ الْمُضِرَّ النَّوْمُ الثَّقِيلُ لا مُجَرَّدُ النُّعَاسِ, إذْ هُوَ كَالتَّشَاغُلِ كَالْمُحَادَثَةِ ا هـ. فَكَلامُ الرَّحْمَانِيِّ جَمَعَ بَيْنَ الْكَلامَيْنِ وَهُوَ الظَّاهِرُ
(كتاب اثمدالعين في بعض اختلاف الشيخين هامش بغية المستر شدين ص38)
ولا يكفي في استماع الاربعين الخطبة اسماعهم بالقوة اي بحيث يكونون لو اصغوا لسمعوا عند(حج) اذ الشرط عنده سماعهم بالفعل,قال (م ر) يكفي بالقوة فلا يصح باتفاقهما مع اسرار او صمم او لغط او نوم يمنع سماع ركن علي ما فيه...
Innalillahi Wainna Ialaihi Rojiuun >>> Wa'alaikum salam wr wb
Dalam kitab-kitab fiqih dijelaskan salah satu dari syarat sah dari sholat jum'at adalah adanya dua khutbah yang dikerjakan sebelum sholat jum'at yang telah memenuhi syarat rukunnya khutbah yang disyaratkan khutbah tersebut didengar oleh 40 orang yang dapat menjadikan sholat jum'at dihukumi sah dan mencukupi. Tujuan utama dari khutbah jum'at adalah untuk memberikan penjelasan-penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan agama, dan tujuan itu tidak bisa tercapai bila tidak ada yang mendengarkan, karena itulah para ulama' menetapkannya sebagai syarat sahnya khutbah (sekaligus menjadi syarat sahnya sholat jum'at)
Karena itu, apabila khutbah jum'at sudah didengar oleh 40 orang yang menjadikan sahnya sholat jum'at, maka sholat jum'at tersebut sudah dihukumi sah meskipun ada sebagian jama'ahnya yang tidur saat khutbah berlangsung.
Sedangkan mengenai hadits yang menuruh untuk diam saat berkhutbah itu adalah suatu anjuyran yang hukumnya sunat.
Referensi
At-Taqrirot Asy-Syadidah Hal 327-328
شروط صلاة الجمعة, فإذا اختل شرط منها لم تصح على المعتمد : -إلى أن قال- 6- أن يتقدمها خطبتان صحيحتان متوفرة فيهما الشروط والأركان
Referensi
Al Iqna' Lisy-Syarbini, Juz 1 /182
ويشترط أن يكونا عربيتين –إلى أن قال- وإسماع الأربعين الذين تنعقد بهم الجمعة ومنهم الإمام أركانهما لأن مقصودهما وعظهم وهو لا يحصل إلا ذلك، فعلم أنه يشترط سماعهم أيضا
Wes Qie >>> Ibarot yg pertama
si khotib harus memperdengarkan suara adzan dg benar benar dg gambaran suara khotib itu dg suara keras yg bs d dengar oleh jamaah jumat jika ia mendengarkan dg seksama. Ini adalah dalam masalah memperdgrkan suara dr seorg hotib. Sdgkan mendgrkan hutbah menurv sebagian ulamak ada yg berpendapat dg quwwah atas mengikuti pendapat muktamad yg sebangsa marhumi begitu pula menurut imam al asy syihab ahmad al quryuby. Sedangkan redaksi as syihab ahmad al quryuby adl memperdgrkan khutbah pada 40 org. Dg gmbran khotib mengeraskan suaranya dg kadar kira kira yg bisa d dgr oleh 40 org jmaah meski mereka tidak mendgrnya di karnakan ada keramaian.
Syaikhuna brkata: atau tidak mendengar hutbah dkrnakan tidur lain hal nya dg tuli atau jauh. Dan beliyau menyebutkan dg seaaliknya dalam karyanya hasyiah at tahrir kemudian berkata : tdk mendgr hutbah d karnakan adanya sesamanya keramaian, itu tdk membahayakan, sedangkan tidur itu bs membhyakan. Dan guru" kami bertendensi pd pendapat tsb. ar rohmani berkata melihat secara teksnya, bahwa yg bs membahayakan adl tidur yg sgt, bukan kantuk. Karna dia adl sama reperti halnya org yg sibuk dg berbicara. Jadi pendapat ar rohmani itu bisa menjami'kan antara ke 2 pendapat d atas dan itu sudah jelas
Wes Qie >>> Ibarot yg k 2
belum bis mencukupi memperdgrkan suara hutch jumah kpd 40 org jamaah secara quwwah dg gambaran sekira jamaah jumat jika mendgrkan dg betul betul, tentu ia akan mndgrnya ini menurut ibnu hajar. Krn menurutnya d syaratkan mendgr hutbah secara nyata. Ar romli berkata, sudah bs mencukupi mendgrkan hutbah secara quwwah, jadi menurut ibnu hajar dan romli sepakat tdk sah berhutbah dg suara pelan" atau jamaah sholat jumat nya org tuli atau ada suara gaduh yg bs mghlangi mendengarkan hutbah atau tidur yg bs mghalangi unt mndgrkan rukun yg berbeda dlm hutbah
Link Asal
https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/489470627790964/
Assalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh !
Bagaimana hukumnya tertidur pada saat khutbah Jum'at berlangsung hingga selesai
dengan catatan posisi duduk yg tidak berkemungkinan membatalkan ?
JAWABAN
Wes Qie >>>
وعليكم السلام
(حاشية البجيرمي علي الخطيب ج 1 ص 351)
قَوْلُهُ: (وَإِسْمَاعُ الأَرْبَعِينَ) أَيْ بِالْفِعْلِ بِأَنْ يَكُونَ صَوْتُ الْخَطِيبِ مُرْتَفِعًا يَسْمَعُهُ الْحَاضِرُونَ لَوْ أَصْغَوْا. هَذَا فِي الإِسْمَاعِ, وَأَمَّا السَّمَاعُ مِنْهُمْ فَبِالْقُوَّةِ عَلَى الْمُعْتَمَدِ مَرْحُومِيٌّ وَمِثْلُهُ ق ل. وَعِبَارَةُ ق ل: وَإِسْمَاعُ الأَرْبَعِينَ بِأَنْ يَرْفَعَ صَوْتَهُ بِقَدْرِ مَا يَسْمَعُونَ وَإِنْ لَمْ يَسْمَعُوا لِوُجُودِ لَغَطٍ ; قَالَ شَيْخُنَا: أَوْ نَوْمٍ بِخِلافِهِ لِصَمَمٍ أَوْ بُعْدٍ ا هـ. وَذَكَرَ خِلافَهُ فِي حَاشِيَةِ التَّحْرِيرِ, فَقَالَ: فَلا يَضُرُّ نَحْوُ لَغَطٍ وَيَضُرُّ نَوْمٌ إلَخْ. وَاعْتَمَدَهُ مَشَايِخُنَا. قَالَ الرَّحْمَانِيُّ: قُلْتُ: الظَّاهِرُ أَنَّ الْمُضِرَّ النَّوْمُ الثَّقِيلُ لا مُجَرَّدُ النُّعَاسِ, إذْ هُوَ كَالتَّشَاغُلِ كَالْمُحَادَثَةِ ا هـ. فَكَلامُ الرَّحْمَانِيِّ جَمَعَ بَيْنَ الْكَلامَيْنِ وَهُوَ الظَّاهِرُ
(كتاب اثمدالعين في بعض اختلاف الشيخين هامش بغية المستر شدين ص38)
ولا يكفي في استماع الاربعين الخطبة اسماعهم بالقوة اي بحيث يكونون لو اصغوا لسمعوا عند(حج) اذ الشرط عنده سماعهم بالفعل,قال (م ر) يكفي بالقوة فلا يصح باتفاقهما مع اسرار او صمم او لغط او نوم يمنع سماع ركن علي ما فيه...
Innalillahi Wainna Ialaihi Rojiuun >>> Wa'alaikum salam wr wb
Dalam kitab-kitab fiqih dijelaskan salah satu dari syarat sah dari sholat jum'at adalah adanya dua khutbah yang dikerjakan sebelum sholat jum'at yang telah memenuhi syarat rukunnya khutbah yang disyaratkan khutbah tersebut didengar oleh 40 orang yang dapat menjadikan sholat jum'at dihukumi sah dan mencukupi. Tujuan utama dari khutbah jum'at adalah untuk memberikan penjelasan-penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan agama, dan tujuan itu tidak bisa tercapai bila tidak ada yang mendengarkan, karena itulah para ulama' menetapkannya sebagai syarat sahnya khutbah (sekaligus menjadi syarat sahnya sholat jum'at)
Karena itu, apabila khutbah jum'at sudah didengar oleh 40 orang yang menjadikan sahnya sholat jum'at, maka sholat jum'at tersebut sudah dihukumi sah meskipun ada sebagian jama'ahnya yang tidur saat khutbah berlangsung.
Sedangkan mengenai hadits yang menuruh untuk diam saat berkhutbah itu adalah suatu anjuyran yang hukumnya sunat.
Referensi
At-Taqrirot Asy-Syadidah Hal 327-328
شروط صلاة الجمعة, فإذا اختل شرط منها لم تصح على المعتمد : -إلى أن قال- 6- أن يتقدمها خطبتان صحيحتان متوفرة فيهما الشروط والأركان
Referensi
Al Iqna' Lisy-Syarbini, Juz 1 /182
ويشترط أن يكونا عربيتين –إلى أن قال- وإسماع الأربعين الذين تنعقد بهم الجمعة ومنهم الإمام أركانهما لأن مقصودهما وعظهم وهو لا يحصل إلا ذلك، فعلم أنه يشترط سماعهم أيضا
Wes Qie >>> Ibarot yg pertama
si khotib harus memperdengarkan suara adzan dg benar benar dg gambaran suara khotib itu dg suara keras yg bs d dengar oleh jamaah jumat jika ia mendengarkan dg seksama. Ini adalah dalam masalah memperdgrkan suara dr seorg hotib. Sdgkan mendgrkan hutbah menurv sebagian ulamak ada yg berpendapat dg quwwah atas mengikuti pendapat muktamad yg sebangsa marhumi begitu pula menurut imam al asy syihab ahmad al quryuby. Sedangkan redaksi as syihab ahmad al quryuby adl memperdgrkan khutbah pada 40 org. Dg gmbran khotib mengeraskan suaranya dg kadar kira kira yg bisa d dgr oleh 40 org jmaah meski mereka tidak mendgrnya di karnakan ada keramaian.
Syaikhuna brkata: atau tidak mendengar hutbah dkrnakan tidur lain hal nya dg tuli atau jauh. Dan beliyau menyebutkan dg seaaliknya dalam karyanya hasyiah at tahrir kemudian berkata : tdk mendgr hutbah d karnakan adanya sesamanya keramaian, itu tdk membahayakan, sedangkan tidur itu bs membhyakan. Dan guru" kami bertendensi pd pendapat tsb. ar rohmani berkata melihat secara teksnya, bahwa yg bs membahayakan adl tidur yg sgt, bukan kantuk. Karna dia adl sama reperti halnya org yg sibuk dg berbicara. Jadi pendapat ar rohmani itu bisa menjami'kan antara ke 2 pendapat d atas dan itu sudah jelas
Wes Qie >>> Ibarot yg k 2
belum bis mencukupi memperdgrkan suara hutch jumah kpd 40 org jamaah secara quwwah dg gambaran sekira jamaah jumat jika mendgrkan dg betul betul, tentu ia akan mndgrnya ini menurut ibnu hajar. Krn menurutnya d syaratkan mendgr hutbah secara nyata. Ar romli berkata, sudah bs mencukupi mendgrkan hutbah secara quwwah, jadi menurut ibnu hajar dan romli sepakat tdk sah berhutbah dg suara pelan" atau jamaah sholat jumat nya org tuli atau ada suara gaduh yg bs mghlangi mendengarkan hutbah atau tidur yg bs mghalangi unt mndgrkan rukun yg berbeda dlm hutbah
Link Asal
https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/489470627790964/
No comments:
Post a Comment