Saturday, June 12, 2010

Langit Merah Jakarta (Sinopsis)

SINOPSIS NOVEL
Novel Langit Merah Jakarta by Anggie D. Widowati

Tiga sekawan Fifilia (aku), Dery, dan Argo hidup dalam situasi pra revormasi. Mereka bertiga adalah tiga mahasiswa yang menolak adanya kekerasan dan intimidasi pemerintah Soeharto (Orde Baru) terhadap rakyatnya. Mereka menyelesaikan kuliah dan kemudian meleburkan diri dalam masyarakat sebagai insane yang anti kekerasan. Sebab, mereka dibesarkan dalam lingkungan kekerasan.
Fifi dibesarkan dengan cara-cara keluarga feudal, sehingga berhadapan dengan masalah dimana ada orang-orang berstatus lebih tinggi ( ningrat/bangsawan) diatas rakyat jelata. Argo dibesarkan dalam penindasan kaum pemodal terhadap masyarakat miskin. Ayahnya dibunuh oleh seorang pemilik modal demi menguasai tanah milik keluarga untuk dijadikan pabrik. Sedangkan Dery, dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang tidak sehat, ayah yang tidak baik dan suka melakukan kekerasan.
Ketiga mahasiswa yang baru lulus ini kemudian menempuh jalan yang mereka suka, Fifi menjadi aeorang wartawati, Dery tetap menjadi aktifis, seperti ketika masih kuliah dan Argo, setelah kuliah menghilang. Toh akhirnya ketahuan bahwa laki-laki ini turun ke masyarakat pedalaman untuk bisa menikmati alam tanpa gangguan dari luar.
Fifi, kemudian hijrah ke Jakarta demi mengejar cita-citanya menjadi wartawan. Selain itu karir wartawannya di kota Yogya sudah mentok, lantaran banyak orang yang berusaha untuk mengintmidasi dia. Jakarta sebagi ibukota Negara ternyata sedang dilanda kemelut reformasi.
Pemerintahan Orde Baru sudah teralu lama memerintah dengan cara yang sangat otoriter. Masyarakat dan terutama mahasiswa mulai menginginkan reformasi. Fifi pun tercebur dalam kemelut itu. Dimulai dengan kerusuhan 28 Mei di Kantor DPP PDI Jakarta. Pengerusakan dan penyerbuan dilakukan untuk menekan upaya reformasi pemerintahan dari partai yang dipimpin oleh puteri Bung Karno presiden RI yang pertama itu.
Lalu kerusuhan demi kerusuhan terjadi. Antara mahasiswa dan aparat pemerintahan selalu terjadi ketegangan. Demontrasi mahasiswa merebak dimana-mana. Mahasiswa sebagai motornya reformasi terus bergerak, bersatu dan kerja sama untuk membangun kekuatan baru.
Fifilia juga menjalin asmara dengan seorang teman wartawan. Namun cinta itu kandas karena perbedaan prinsip antara keduanya. Kesakitan dan patah hati itu, bersamaan dengan ditemukannya Dery menjadi korban penculikan oleh aparat keamanan. Dery yang mantan sahabatnya itu, sekarang sudah berubah, apa yang dialaminya membuatnya hilang ingatan. Dia sudah sering mendapatkan kekerasan dan ketakutan, sehingga hanya halusinasi saja yang kini menyelubungi hidupnya.
Pertemuan dengan Dery menambah luka didalam hatinya. Ditambah dengan kemelut reformasi di Jakarta yang sarat dengan kekerasan dan sangat menakutkan. Namun Fifie tetap melangkah, merindukan satu teman terakhir yang hilang ditelan bumi.
Dalam kegelisahan itu Argo kemudian muncul, mereka kemudian bersama untuk selalu mengunjungi Dery di penampungan korban penculikan. Fifie telah menemukan sandaran. Namun hubungan antara dia dan Argo akan berlanjut menuju hubungan percintaan? Semua akan berjalan dengan apa adanya.

Jakarta 25 Mei 2010

No comments:

Post a Comment