Friday, December 31, 2010

TIPS MENGATASI KETOMBE MEMBANDEL

Kategori: Kesehatan
Ketombe yang membandel dapat menimbulkan masalah ketika menyangkut penampilan. Seseorang yang berketombe tak jarang menjadi kurang pe-de. Betapa tidak, terganggunya seseorang yang mendapati serpihan kulit kepala berhamburan di bajunya. Apalagi jika seseorang tersebut dituntut tampil di hadapan umum. Oleh para ahli, ketombe dihubungkan dengan infeksi jamur Pytosporum ovale dan jamur Mallassezia sebagai faktor pencetus terjadinya kelainan pada kulit kepala. Seseorang berketombe mengalami pelepasan sel kulit kepala lebih cepat dibanding orang normal.
Ketombe adalah terlepasnya sel-sel kulit kepala yang sudah mati dalam jumlah berlebihan. Sel-sel kulit tersebut berbentuk serpihan lembut berwarna perak keabu-abuan bisa juga putih agak kekuning-kuningan, kadang disertai rasa gatal. Ketombe tidak berhubungan dengan jenis kulit kepala, artinya dapat menimpa siapa saja tak peduli apakah kulit kepala berminyak atau kering. Ketombe juga dapat terjadi pada orang dewasa, remaja, bahkan anak – anak.
Ada Beberapa Tips untuk Mengatasi Ketombe Membandel yaitu:
·         Gunakan shampo yang ringan atau sampo khusus untuk kulit kepala sensitif. Jika gejalanya adalah ketombe harus disembuhkan dahulu dengan shampo antiketombe terutama yang mengandung Zinc Pyrithione (ZPT). Shampo anti ketombe jenis ini mempunyai efek anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat mengurangi timbulnya serpihan kulit dan meredakan rasa gatal.
·         Hindari menggaruk-garuk kulit kepala agar tidak lecet yang dapat mengakibatkan infeksi.
·         Jangan mencuci rambut terlalu sering. Lakukan paling cepat 2 hari sekali. Terlalu sering mencuci rambut (keramas) justru akan memicu terjadinya ketombe.
·         Hindari menggunakan pengering rambut. Untuk sementara, angin-anginkan saja rambut sesudah keramas atau dikeringkan dengan kipas angin.
·         Hindari stres, meskipun bukan sebagai penyebab langsung, stres dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh untuk mengatasi ketombe.
·         Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena akan menyebabkan kulit kepala terlalu lembab sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.
·         Jaga kesehatan rambut dan kulit dengan mengkonsumsi makanan yang megandung zinc dan vitamin untuk memelihara aktifitas kelenjar minyak dan sistem kekebalan, zinc misalnya: ikan, kuning telor, daging, kedelai dan biji-bijian (beras, gandum, dll). Vitamin misalnya: sayur yang berwarna hijau tua dan buah – buahan.
·         Jalani gaya hidup sehat tidak merokok dan minum minuman beralkohol, tidur cukup, banyak minum air putih, hindari diet terlalu keras (kulit kepala dan rambut butuh protein cukup untuk pertumbuhannya).
·         Jika kondisinya sudah parah dan rambut rontok, lebih baik berkonsultasi pada dokter spesialis kulit.
Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat. ^_^

By: Ririn Yanuar -> Klik <-

No comments:

Post a Comment