Saturday, May 19, 2012

Diet Tak Sengaja

KESEHATAN
Ketika masih bujangan saya adalah seorang jago makan. Saya bisa menghabiskan seporsi besar nasi warteg, lengkap dengan es jeruk manis, atau segunung bakmi goreng Gajah Mada, dan lain-lain. Tetapi sekarang sudah tidak lagi.
Semakin bertambah usia, metabolisme tubuh semakin melambat, terutama perempuan. Karena itu perempuan akan mudah gemuk. Banyak ahli gizi manciptakan cara menurunkan berat badan, tetapi selalu saja rumit dan harus penuh perjuangan. Rumah-rumah diet dengan berbagai program bertebaran, tetapi biayanya sangat mahal.
Ada cara-cara diet sederhana yang bisa dipraktekkan dengan mudah tanpa harus menghitung-hitung keluar masuknya kalori ke dalam tubuh. Tetapi hasilnya memuaskan. Saya adalah buktinya, ketika hamil anak kedua, saya naik hampir 25 kilogram, tetapi setelah anak saya lahir, dan berumur setahun, berat badan saya sudah normal kembali. Mau tahu rahasianya?
#CAMILAN
1.Coba anda buka lemari es anda di rumah. Apa isinya? Apakah makanan-makanan lezat seperti coklat batangan terkenal, black forest kesukaan anda, brownies keju yang menggiurkan ? Kalau begitu secara bertahap ubahlah dengan mengisinya dengan berbagai buah-buahan segar. Pilihlah di pasar atau swalayan buah kesukaan dan taruh di lemari es.
2. Buatlah camilan yang mudah, sederhana tapi lezat seperti jagung rebus, kacang rebus atau kedelai rebus yang bahan2 tsb bisa diperoleh di pasar tradisional. Camilan ini sangat menghemat kalori.
3. Kalau anda suka membuat camilan sehat buat anak yang tentu saja manis dan berlemak, bagilah dengan tetangga dengan begitu anda tak berkewajiban menghabiskannya.
4.Taruhlah makanan dan cemilan anak di tempat tersembunyi, hingga anda tak ikut tergoda.
#MINUMAN
1. Dulu saya suka menikmati teh manis atau kopi susu saat duduk-duduk bersantai bersama suami, tetapi sekarang saya ganti dengan teh hijau tanpa gula yang ternyata juga menenangkan.
2. Kalau anda penggemar minuman kaleng, lupakan masa lalu anda. Gantilah semua kebiasaan itu dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Dulu saya selalu berbelanjan segala macam munuman keleng, baik yang bersoda, jus buah maupun minuman berenergi. Tetapi masa-masa itu sudah berlalu, karena soda adalah biangnya pencuri kalsium di dalam tulang, dan minuman2 itu banyak mengandung pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.
3. Kalau ingin bersenang-senang, buatlah kopi atau teh dengan gula diet, atau sirup diet atau susu diet yang harganya untuk saat ini memang masih lumayan mahal.
4.Lebih baik anda membuat jus buah dengan setengah sendok gula, atau meramu es buah tanpa susu dan menggunakan sirup diet. Tapi jangan sering-sering ya karena akan keterusan ingin senang-senangnya.
#MAKAN
1. Sarapan hukumnya wajib, kalau tidak sarapan, pasti anda akan makan camilan terus hingga, kalorinya melebihi jumlah kalori sarapan Buatan anda. Porsinya sedang saja, setangkup roti dengan selai nanas, semangkuk bubur ayam, soto surabaya, atau nasi putih dengan kecap dan telur dadar.
2. Makan siang bebas. Kalau anda suka masakan padang, makanlah disana, tetapi jangan menambah nasi setelah nasi yang pertama, biarpun anda sangat bernafsu untuk nambah, tahanlah. Kalau anda makan di warung Sunda, kurangi atau jangan makan sambelnya, karena ini akan menambah nafsu makan. Kalau bisa justru kurangi nasi dan jangan memesan es jeruk, tetapi pesanlah teh tawar. Yang saya maksudkan bebas di sini, adalah bebas dimana saja dan menunya, tetapi porsinya tetap dibatasi. Kalau makan di rumah tentu anda sudah memperhitungkan gizinya, jadi tak masalah.
3.Makan malam. Makanlah sebelum jam lima. Ini yang banyak diprotes oleh teman-teman saya. Saya melakukan ini. Tapi kalau lapar bagaimana? Kan isi lemari es sudah berubah, makanlah sebuah apel, atau sebuah jeruk, cukup.
4.Atau boleh dipatok sebelum jam 7, tetapi menunya diganti. Bayangkan menu makan malam yang ekspresif ini : Semangkuk pepaya atau melon dingin, sepiring sayur sop kacang dengan jamur yang hangat, semangkuk sayur asem buatan suami tanpa nasi atau setengah porsi siomay, atau dua buah kentang rebus plus saus jahe (nyambung ga ya)
5. Saya melakukan ini tanpa mengganggu makan malam suami. Jadi kami masih bisa makan malam berdua sambil menikmati angin malam di dapur kami, dan membicarakan kejahatan Nazaruddin.
#SOSIAL
1.Bagaimana menjelaskan kepada orang lain semua diet ini. Pada suamipun awalnya sulit. Dia orang yang suka menyenangkan saya dengan membawa makanan enak2 ketika pulang kerja (martabak spesial super istimewa, burger segede sarung tinju, tahu gejrot kesukaan saya, gorengan dan lain-lain) apa tak menggoda. Tetapi lama-lama dia mengerti dan tak melakukan itu lagi.
2.Pada acara-acara tertentu pasti penuh dengan makanan-makanan yang lezat. Saya biasanya memilih satu yang paling rendah lemak, misalnya siomay, lalu menggenggam minuman mineral gelas lama-lama agar terlihat sibuk makan. Usahakan menjauhi tempat prasmanan, setelah makan secukupnya, dan banyaklah mengobrol dengan teman atau bersibuk menjelaskan ini dan itu pada anak-anak.
3. Jangan terbiasa menghabiskan makanan anak.
#RESTORAN
1.Pilihlah restoran diet dengan menu diet atau organik, kalau anda berkantong tebal.
2. Hindari restoran junk food, kalau terpaksa mengantar anak-anak, pesanlah salad atau jus saja.
3.Kalau anda sudah membiasakan anak2 makan di rumah tentu lebih posistif, agar anak2 di kemudian hari juga tidak kecanduan junkfood yang sangat berlemak.
Itulah cara diet saya. Mudah tetapi tetap disiplin, kuncinya. Ingatlah bahwa tak ada yang tak mungkin di dunia ini, asalkan punya kemauan. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment