Friday, November 16, 2012

Bukti Kebenaran Islam




Dalam artikel-artikel berikutnya, saya akan membuktikan bahwa Islam memang agama yang benar.

Sebelum kita membahas topik utama, saya ingin membahas apa definisi bukti dan definisi iman. Sebagian orang mungkin melihatnya sebagai pertentangan. Bagaimana mungkin anda bisa membuktikan kebenaran iman anda? Bukankah iman adalah sesuatu yang harus diyakini tanpa bukti?


Al-Qur'an berfirman jika apa yang kita katakan adalah kebenaran, maka sertakan bukti-buktinya.  Nabi Muhammad S.A.W. juga bersabda, bahwa orang yang mengaku-ngaku harus membuktikan hal yang diakuinya.

Sebagai contoh, jika seseorang datang untuk memeriksa meteran listrik di rumah anda, maka orang itu biasanya mengenakan seragam atau membawa kartu identitas. Jika orang itu datang mengetuk pintu anda berpakaian layaknya preman dan tubuhnya dipenuhi tato, pastinya anda tidak akan membiarkan orang ini masuk ke rumah anda. Anda akan berpikir bahwa orang tersebut adalah perampok. Jadi anda ingin suatu bukti bahwa orang itu berkata jujur.

Contoh lainnya, jika saya ingin membela diri di pengadilan, maka saya harus membawa keterangan dan bukti-bukti bahwa saya tidak bersalah.

Begitu juga dengan masalah agama. Bahkan jika anda memikirkannya, masalah-masalah dalam agama bahkan lebih penting daripada masalah-masalah duniawi, karena agama tidak hanya berbicara tentang hidup ini, namun juga membicarakan tentang kehidupan akhirat. Oleh karena itu, apakah cukup seseorang hanya mengaku-ngaku bahwa suatu kitab berasal dari Tuhan, namun mereka tidak punya buktinya?

Misalnya, jika ada orang Kristen mengatakan Yesus adalah Tuhan dan Bible adalah firman Tuhan, maka tunjukkan bukti-buktinya. Dan ini berlaku bagi siapa pun.

Jika anda membuka kamus & anda melihat definisi kata "bukti" dalam kamus, "bukti" sebenarnya adalah kumpulan fakta. Ketika anda mendapatkan begitu banyak fakta, maka anda bisa mengatakan hal itu terbukti benar.

Jadi ketika kita akan membuktikan kebenaran Islam, Insya Allah kita dapat memberikan bukti-bukti yang sangat banyak sehingga seseorang tidak akan meragukan Islam.

Dan selanjutnya, kita akan membahas apa yang disebut iman. Karena bagi sebagian orang, mereka menganggap bahwa iman adalah sesuatu yang harus dipercaya begitu saja.

Sekarang mari kita ambil contoh, salah satu hal yang saya sering tanyakan pada orang-orang adalah "apakah anda percaya bahwa Bumi berputar pada sumbunya & berjalan mengitari Matahari dalam 365 hari?" Dan kebanyakan orang mengatakan "Ya, kami percaya itu. Itu adalah fakta" Kemudian saya berkata: "Oke, buktikan hal itu."

Dan ini sangat menarik, karena hampir semua orang tidak bisa menjawabnya. Bukan berarti mereka tidak percaya bahwa bumi berputar pada sumbunya dan mengelilingi matahari, karena tentu saja alasan kita percaya disebabkan para ilmuwan telah menelitinya berdasarkan teori-teori dan observasi. Dan begitu banyak ilmuwan yang telah meneliti tentang bumi dan matahari, dengan begitu mereka menganggapnya sebagai fakta,.

Seperti layaknya ketika anda pergi ke dokter, maka anda beriman dan memberikan kepercayaan anda pada dokter, dan anda percaya padanya karena ia adalah dokter yang sudah belajar ilmu kedokteran, punya pengetahuan, dan diagnosisnya bersifat akurat.

Jadi inilah jenis iman yang kita bicarakan dalam Islam. Ketika kita berbicara tentang iman, kita tidak berarti meyakini sesuatu tanpa bukti. Dalam Islam, Allah meminta anda untuk beriman kepada sesuatu yang sepenuhnya bisa dipercaya, bahwa hanya ada satu Tuhan yang mewahyukan petunjuk kepada umat manusia melalui nabi Muhammad S.A.W. Dan bahwa Tuhan telah memberikan bukti-bukti yang sangat kuat. Jadi, setiap orang yang mau menggunakan akalnya serta-merta menjadi yakin bahwa Islam memang sebuah agama yang telah diwahyukan Sang Pencipta untuk kepentingan seluruh umat manusia.

Jadi selanjutnya apa yang akan kita bahas adalah beberapa mukjizat Al-Qur'an, seperti apa mukjizat-mukjizat yang terkandung di dalam Al-Qur'an, apa pengaruh mukjizat-mukjizat itu dalam proses pembuktian & memahami sesuatu bahwa Al-Qur'an memang sebuah kitab dari Tuhan.

Yang terakhir, saya ingin menyelesaikannya dengan sebuah surat dari Al'Quran & itu surat "Al-Bayyinah" dimana Allah S.W.T. berfirman "kullilathina kafiru min ahlil kitab wal mushrikina." Jadi tidak akan pernah tahu "para ahli kitab" (orang-orang Kristen dan Yahudi). Mereka tidak akan pernah meninggalkan kekafirannya kepada Allah dan mereka tidak akan mengikuti petunjuk Allah sampai datang kepada mereka Al-Bayyina (bukti-bukti yang jelas).

Jadi Allah memberitahu kita sesuatu tentang sifat alami manusia. Orang-orang perlu bukti untuk membuat mereka sadar & paham bahwa Islam memang agama yang benar.

Dan apa buktinya? "Rassula min Allah" atau seorang Rasul dari Allah. Nabi Muhammad S.A.W. adalah bukti yang jelas tentang kebenaran Islam.

Kemudian "Rassula min Allah yaklus suhufam mutahara" yang berarti bahwa Nabi Muhammad membawa kitab suci yang murni (Al-Qur'an). Al-Qur'an adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad S.A.W.

"Thiha kutubun kaima" Al-Qur'an adalah kitab hukum yang jelas. Inilah petunjuk yang terkandung dalam Al-Qur'an dan hukum yang ada dalam agama Islam. Kita juga akan menjelajahi kehidupan umat muslim. Kehidupan umat muslim dapat dijadikan bukti bahwa Islam memang agama yang berasal dari Allah S.W.T. Jadi ini adalah beberapa topik yang akan kita teliti.

Jadi kita akan membahas: mukjizat Al-Qur'an, keajaiban tata bahasa Al-Qur'an, fakta ilmiah, fakta sejarah, kesaksian para ahli kitab, dan nubuat-nubuat dari Nabi Muhammad S.A.W. Kita juga akan berbicara tentang kisah-kisah dari beberapa orang seperti Abdullah bin Salam, salah satu Rabbi Yahudi di Madinah yang masuk Islam dan kisah Salman al-Farisi. Ini semua merupakan aspek yang sangat-sangat menarik, serangkaian fakta.

Dan ketika kita menyatukan bukti-bukti di atas, maka kita dapat melihat bahwa bukti-bukti ini sangat kuat. Jadi Islam bukanlah sebuah agama tanpa bukti.

Jadi saya berharap anda dapat bergabung dalam dan membaca artikel-artikel berikutnya,

Assalammu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Ayo Subscribe ke YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/arceuszeldfer
Ayo Like Facebook Page-nya: Lampu Islam

Silahkan baca artikel-artikel berikut untuk mengetahui kebenaran Islam:

No comments:

Post a Comment