JeCkie WongNdeos Enolpitusepuluhwalusongo
Asslmkm.mohon bimbingan'y.Maz brooo n Pak Ustd.
Ada orang yg lag b'Puasa,Q tanya am org to"U tumben mao b'Puasa"he,,,,n jawaban,kata'ya puasa Kodo pad puasa romadhon n Sekalian puasa Sunah.
Pertanyaannya,bisakan bErNiat puasa k'2 nya,pad hari yg sama.makasieh
JAWABAN
Menggabung niat beberapa puasa sunnah seperti puasa Arofah dan puasa senin/kamis adalah boleh dan dinyatakan mendapatkan pahala keduanya. Sebagaimana dikemukakan oleh Imam Al-Kurdi. Bahkan menurut Imam Al-Barizi puasa sunnah seperti hari ‘Asyuro, jika diniati puasa lain seperti qadha ramadhan tanpa meniatkan pauasa Asyura’ tetap mendapatkan pahala keduanya.
Adapun puasa 6 hari bulan syawal jika digabung dengan qadha ramadhan, maka menurut imam Romli mendapatkan pahala keduanya. Sedangkan menurut Abu Makhromah tidak mendapatkan pahala keduanya bahkan tidak sah.
Refrensi
إعانة الطالبين – (ج 2 / ص 252)
(وقوله: النفل) منصوب بنزع الخافض وهو عن، والتقدير: واحترز باشتراط التعيين في الفرض عن النفل. وكان المناسب أن يقول هنا أيضا: واحترز بقولي في الفرض من حيث اشتراط التعيين في الفرض عن النفل، لان المحترز به هو الفرض، لا اشتراط التعيين. فتنبه. وقوله: أيضا، أي كما احترز باشتراط التبييت في الفرض عن النفل. وقوله: فيصح: أي النفل – أي صومه. وقوله: ولو مؤقتا: غاية في صحة الصوم في النفل بنية مطلقة، أي لا فرق في ذلك بين أن يكون مؤقتا – كصوم الاثنين، والخميس، وعرفة، وعاشوراء، وأيام البيض – أو لا: كأن يكون ذا سبب – كصوم الاستسقاء – بغير أمر الامام، أو نفلا مطلقا. (قوله: بنية مطلقة) متعلق بيصح، فيكفي في نية صوم يوم عرفة مثلا أن يقول: نويت الصوم. (قوله: كما اعتمده غير واحد) أي اعتمد صحة صوم النفل المؤقت بنية مطلقة.وفي الكردي ما نصه: في الاسنى – ونحوه الخطيب الشربيني والجمال الرملي – الصوم في الايام المتأكد صومها منصرف إليها، بل لو نوى به غيرها حصلت إلخ: زاد في الايعاب ومن ثم أفتى البارزي بأنه لو صام فيه قضاء أو نحوه حصلا، نواه معه أو لا. وذكر غيره أن مثل ذلك ما لو اتفق في يوم راتبان كعرفة يوم الخميس. اه. وكلام التحفة كالمتردد في ذلك. اه. (قوله: نعم بحث في المجموع إلخ) هذا إنما يتم له إن ثبت أن الصوم في الايام المذكورة مقصود لذاتها. والمعتمد: كما يؤخذ من عبارة الكردي المارة آنفا – أن القصد وجود صوم فيها. فهي كالتحية، فإن نوى التطوع أيضا حصلا، وإلا سقط الطلب عنه، وبهذا فارق رواتب الصلوات. (قوله: كعرفة وما معها) أي وما يذكر معها عند تعداد الرواتب – كعاشورا، وستة من شوال، والايام البيض، والايام السود -. (قوله: فلا يحصل غيرها) أي من قضاء أو كفارة. (وقوله: معها) أي الرواتب. (وقوله: وإن نوى) أي غير الرواتب. (قوله: بل مقتضى القياس) أي على رواتب الصلاة. (وقوله: أن نيتهما) أي الرواتب وغيرها، كأن نوى صوم عرفة وقضاء أو كفارة. (وقوله: مبطلة) أي لان الراتب لا يندرج في غيره، فإذا جمعه مع غيره لم يصح، للتشريك بين مقصودين. (قوله: كما لو نوى الظهر وسنته) أي فإن ذلك مبطل، وقد علمت الفرق – فلا تغفل
FAR'UN AFTAA JAM'UN MUTA AKHKHIRUN BICHUSULI TSAWAABI 'AROOFATA WAMAA BA'DAHU BIWUQUU'I SHOUMA FARDIN FIIHAA KHILAAFAN LIL MAJMUU'I WATABI'AHUL ASNAWIYYU FAQOOLA IN NAWAAHUMAA LAM YACHSHUL LAHU SYAI UN MINHUMA
menurut pendapat ulama' kontemporer mendapatkankan pahala keduanya, pernyataan d tentang oleh shochibul MAJMUU'I dan menurut imam asnawiyyu tidak mendapatkan pahala dari keduanya ketika sama sama d niati.
QOOLA SYAICHUNAA KASYAIKHIHI WAL LADZI YUTTAJAHU ANNAL QOSDA WUJUUDU SHOUMIN FIIHAA FAHIHA KATTACHIYYATI FAINNAWAT TATHOWWU'U AIDAN CHASHOLAA WAILLA SAQOTHO 'ANHU ATH THOLABU "QOULUHU FAIN NAWAT TATHOWWU'U AIDAN" AIY KAMAA ANNAHU NAWAL FARDHO " WAQOULUHU CHASHOLAA" AIY AT TATHOWWU'U WAL FARDU AIY TSAWAABUHUMAA "QOULUHU WAILLA" AIY WAIN LAM YANWIT TATHOWWU'A BAL NAWAL FARDHO FAQOTH. "WAQOULUHU SAQOTHO 'ANHUT THOLABU" AIY BITTATHOWWU'I LI INDIROOJIHI FIL FARDI
Menurut pendapat shohibul i'anah bahwasanya qoul yg d unggulkan adalah tujuan puasanya apabila ke duanya sama sama d niatin maka kedua duanya mendapatkan pahala..
I'ANATUT THOLIBIN 2/306
adapun penjelasan hadist (dilanjutkan dengan puasa 6 hari di bulan Syawal" dan hadist yg serupa yakni tidak hasil (percuma apabila seseorang melakukan puasa sunnah) 6 hari trsebut apabila ia berniat melakukan puasa sunnah syawal beserta niat mengqodo romadhon. akan tetapi Imam Ibnu Hajar menjelaskan bahwa : (apabila melakukan puasa dengan niat Qodo pada 6 hari dibulan syawal) maka ia pun memperoleh pahala sunnah syawal tersebut, sama halnya puasa di hari arofah dan a'suroo
imam Romli berpendapat : bisa hasil pahala sunnah beserta melakukan fardlu walaupun tidak niat untuk melaksanakan sunnah tadi
Akan tetapi Imam Ibnu Makhromah mengikut dengan pendapatnya Imam Samhudi brtkata : tidak ada hasil (percuma) puasa dari keduanya (yakni puasa Syawal dan qodo) apabila berniat dengan keduanya. sama halnya tidak akan hasil (percuma) apabila seseorang melakukan shalat sunnah dhuhur dengan niat shalat fardu dhuhur
Dan Imam Abu Mahromah pun berpendapat bahwa : Tidak sah melakukan puasa sunnah syawal apabila masih mempunyai Puasa qodhok
Referensi
Baghiyatul Mustarsyidin hal 113-114
( مسئلة ) ظاهر حديث " واتبعه ستا من شوال " وغيره من الاحاديث عدم حصول الست اذا نواها مع قضاء رمضان. لكن صرح ابن حجر بحصول اصل الثواب لاكماله اذا نواها كغيرها من عرفة وعاشوراء. بل رجح (م ر) حصول اصل ثواب التطوعات مع الفرض وان لم ينويها.. واعتمد ابو مخرمة تبعا للسمهودى عدم حصول واحد منهما اذا نوهما معا كما لو نوى ظهرا وسنتها بل رجح ابو مخرمة عدم صحة صوم الست لمن عليه قضاء رمضان مطلقا
?comment_id=447457045325656¬if_t=like
Asslmkm.mohon bimbingan'y.Maz brooo n Pak Ustd.
Ada orang yg lag b'Puasa,Q tanya am org to"U tumben mao b'Puasa"he,,,,n jawaban,kata'ya puasa Kodo pad puasa romadhon n Sekalian puasa Sunah.
Pertanyaannya,bisakan bErNiat puasa k'2 nya,pad hari yg sama.makasieh
JAWABAN
- Syifa Auliea
Menggabung niat beberapa puasa sunnah seperti puasa Arofah dan puasa senin/kamis adalah boleh dan dinyatakan mendapatkan pahala keduanya. Sebagaimana dikemukakan oleh Imam Al-Kurdi. Bahkan menurut Imam Al-Barizi puasa sunnah seperti hari ‘Asyuro, jika diniati puasa lain seperti qadha ramadhan tanpa meniatkan pauasa Asyura’ tetap mendapatkan pahala keduanya.
Adapun puasa 6 hari bulan syawal jika digabung dengan qadha ramadhan, maka menurut imam Romli mendapatkan pahala keduanya. Sedangkan menurut Abu Makhromah tidak mendapatkan pahala keduanya bahkan tidak sah.
Refrensi
إعانة الطالبين – (ج 2 / ص 252)
(وقوله: النفل) منصوب بنزع الخافض وهو عن، والتقدير: واحترز باشتراط التعيين في الفرض عن النفل. وكان المناسب أن يقول هنا أيضا: واحترز بقولي في الفرض من حيث اشتراط التعيين في الفرض عن النفل، لان المحترز به هو الفرض، لا اشتراط التعيين. فتنبه. وقوله: أيضا، أي كما احترز باشتراط التبييت في الفرض عن النفل. وقوله: فيصح: أي النفل – أي صومه. وقوله: ولو مؤقتا: غاية في صحة الصوم في النفل بنية مطلقة، أي لا فرق في ذلك بين أن يكون مؤقتا – كصوم الاثنين، والخميس، وعرفة، وعاشوراء، وأيام البيض – أو لا: كأن يكون ذا سبب – كصوم الاستسقاء – بغير أمر الامام، أو نفلا مطلقا. (قوله: بنية مطلقة) متعلق بيصح، فيكفي في نية صوم يوم عرفة مثلا أن يقول: نويت الصوم. (قوله: كما اعتمده غير واحد) أي اعتمد صحة صوم النفل المؤقت بنية مطلقة.وفي الكردي ما نصه: في الاسنى – ونحوه الخطيب الشربيني والجمال الرملي – الصوم في الايام المتأكد صومها منصرف إليها، بل لو نوى به غيرها حصلت إلخ: زاد في الايعاب ومن ثم أفتى البارزي بأنه لو صام فيه قضاء أو نحوه حصلا، نواه معه أو لا. وذكر غيره أن مثل ذلك ما لو اتفق في يوم راتبان كعرفة يوم الخميس. اه. وكلام التحفة كالمتردد في ذلك. اه. (قوله: نعم بحث في المجموع إلخ) هذا إنما يتم له إن ثبت أن الصوم في الايام المذكورة مقصود لذاتها. والمعتمد: كما يؤخذ من عبارة الكردي المارة آنفا – أن القصد وجود صوم فيها. فهي كالتحية، فإن نوى التطوع أيضا حصلا، وإلا سقط الطلب عنه، وبهذا فارق رواتب الصلوات. (قوله: كعرفة وما معها) أي وما يذكر معها عند تعداد الرواتب – كعاشورا، وستة من شوال، والايام البيض، والايام السود -. (قوله: فلا يحصل غيرها) أي من قضاء أو كفارة. (وقوله: معها) أي الرواتب. (وقوله: وإن نوى) أي غير الرواتب. (قوله: بل مقتضى القياس) أي على رواتب الصلاة. (وقوله: أن نيتهما) أي الرواتب وغيرها، كأن نوى صوم عرفة وقضاء أو كفارة. (وقوله: مبطلة) أي لان الراتب لا يندرج في غيره، فإذا جمعه مع غيره لم يصح، للتشريك بين مقصودين. (قوله: كما لو نوى الظهر وسنته) أي فإن ذلك مبطل، وقد علمت الفرق – فلا تغفل
- Wes Qie
FAR'UN AFTAA JAM'UN MUTA AKHKHIRUN BICHUSULI TSAWAABI 'AROOFATA WAMAA BA'DAHU BIWUQUU'I SHOUMA FARDIN FIIHAA KHILAAFAN LIL MAJMUU'I WATABI'AHUL ASNAWIYYU FAQOOLA IN NAWAAHUMAA LAM YACHSHUL LAHU SYAI UN MINHUMA
menurut pendapat ulama' kontemporer mendapatkankan pahala keduanya, pernyataan d tentang oleh shochibul MAJMUU'I dan menurut imam asnawiyyu tidak mendapatkan pahala dari keduanya ketika sama sama d niati.
QOOLA SYAICHUNAA KASYAIKHIHI WAL LADZI YUTTAJAHU ANNAL QOSDA WUJUUDU SHOUMIN FIIHAA FAHIHA KATTACHIYYATI FAINNAWAT TATHOWWU'U AIDAN CHASHOLAA WAILLA SAQOTHO 'ANHU ATH THOLABU "QOULUHU FAIN NAWAT TATHOWWU'U AIDAN" AIY KAMAA ANNAHU NAWAL FARDHO " WAQOULUHU CHASHOLAA" AIY AT TATHOWWU'U WAL FARDU AIY TSAWAABUHUMAA "QOULUHU WAILLA" AIY WAIN LAM YANWIT TATHOWWU'A BAL NAWAL FARDHO FAQOTH. "WAQOULUHU SAQOTHO 'ANHUT THOLABU" AIY BITTATHOWWU'I LI INDIROOJIHI FIL FARDI
Menurut pendapat shohibul i'anah bahwasanya qoul yg d unggulkan adalah tujuan puasanya apabila ke duanya sama sama d niatin maka kedua duanya mendapatkan pahala..
I'ANATUT THOLIBIN 2/306
- Kakek Jhosy II
adapun penjelasan hadist (dilanjutkan dengan puasa 6 hari di bulan Syawal" dan hadist yg serupa yakni tidak hasil (percuma apabila seseorang melakukan puasa sunnah) 6 hari trsebut apabila ia berniat melakukan puasa sunnah syawal beserta niat mengqodo romadhon. akan tetapi Imam Ibnu Hajar menjelaskan bahwa : (apabila melakukan puasa dengan niat Qodo pada 6 hari dibulan syawal) maka ia pun memperoleh pahala sunnah syawal tersebut, sama halnya puasa di hari arofah dan a'suroo
imam Romli berpendapat : bisa hasil pahala sunnah beserta melakukan fardlu walaupun tidak niat untuk melaksanakan sunnah tadi
Akan tetapi Imam Ibnu Makhromah mengikut dengan pendapatnya Imam Samhudi brtkata : tidak ada hasil (percuma) puasa dari keduanya (yakni puasa Syawal dan qodo) apabila berniat dengan keduanya. sama halnya tidak akan hasil (percuma) apabila seseorang melakukan shalat sunnah dhuhur dengan niat shalat fardu dhuhur
Dan Imam Abu Mahromah pun berpendapat bahwa : Tidak sah melakukan puasa sunnah syawal apabila masih mempunyai Puasa qodhok
Referensi
Baghiyatul Mustarsyidin hal 113-114
( مسئلة ) ظاهر حديث " واتبعه ستا من شوال " وغيره من الاحاديث عدم حصول الست اذا نواها مع قضاء رمضان. لكن صرح ابن حجر بحصول اصل الثواب لاكماله اذا نواها كغيرها من عرفة وعاشوراء. بل رجح (م ر) حصول اصل ثواب التطوعات مع الفرض وان لم ينويها.. واعتمد ابو مخرمة تبعا للسمهودى عدم حصول واحد منهما اذا نوهما معا كما لو نوى ظهرا وسنتها بل رجح ابو مخرمة عدم صحة صوم الست لمن عليه قضاء رمضان مطلقا
- Link asal
No comments:
Post a Comment