Saturday, March 9, 2013

HUKUM BERJAMA'AH SHALAT SUNNAH


HUKUM BERJAMA'AH SHALAT SUNNAH

DIJAWAB OLEH ADMIN
Kakek Jhosy II Bismillaahirrahmanirahiim
Shalat sunnah Tathowwu' dalam berjama'ah ada dua macam
diantara sala satunya shalat disunnahkan shalat secara bejama'ah seperti shalat kusuf ( gerhana ) dan Istisyqoo' dan shalat taraweh dibulan ramadhan
yang kedua tidak disu
nnhkan shalat secara berjama'ah seperti shalat rawatib qiyamul lail ( tahajjud) dan sahlat dhuhaa dan shalat sunnah tahiyatal masjid dan lain segainya . hal ini bila dikerjakan secara berjama'ah dipebolehkan.

Para pengikut madzhab Syafi’i berkata : Shalat sunnah juga ada dua macam:
Pertama Shalat sunah yang disunahkan dilaksanakan secara berjamaah yaitu shalat ied ( yaitu idul fitri dan idul adlhaa )dan juga shalat gerhana (matahari atau bulan) shalat istisqoo' dan menurut pendapat yang paling shahih shalat Taraweh.
Kedua Shalat sunnah yang tidak disunahkan dilakukan secara berjamaah bila dilaksanakan secara berjamaah hukumnya diperbolehkan dan shalatnya jg sah2 saja yaitu shalat-shalat sunah selain yang disebut diatas.

Sedangkan Imam an-Nawawi berkata : dalam kitabul majmu' sesungguhnya tidak disyari'atkan shalat secara berjama'ah kecuali dalam shalat sunnah iedain(idul fitri dan idul adlhaa)
dan shalat sunnh kusuf ( gerhana matahari atau bulan)dan shalat sunnah istisyqo' dan juga shalat sunnah traweh dan withir .adapun shalat sunnah yang mengiringi shalat fardlu seperti sunnah qobliyach dan ba'diyyach dan shalat dluhaa tidak disyariatkan untuk berjama'ah ya'ni tidak sunnahkan.hanya saja dilaksanakan secara berjama'ah diperboleh


Referensi
قال النووي رحمه الله في "المجموع " الجزء الثالث ص ٥٤٨
قد سبق أن النوافل لا تشرع الجماعة فيها إلا في العيدين والكسوفين والاستسقاء , وكذا التراويح والوتر بعدها
وأما باقي النوافل كالسنن الراتبة مع الفرائض والضحى والنوافل المطلقة فلا تشرع فيها الجماعة , أي لا تستحب , لكن لو صلاها جماعة جاز , ولا يقال : إنه مكروه وقد نص الشافعي رحمه الله على أنه لا بأس بالجماعة في النافلة

Referensi
ﻗﺎل اﻟﺸﯿﺦ زﻛﺮﻳﺎ اﻷﻧﺼﺎري رﺣﻤﮫ ﷲ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﺷﺮح اﻟﺮوض
(وھﻮ ) أي اﻟﺘﻄﻮع ( ﻗﺴﻤﺎن: ﻗﺴﻢ ﺗﺴﻦ
ﻟﻪ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ, وھﻮ أﻓﻀﻞ ) ﻣﻤﺎ ﻻ ﺗﺴﻦ ﻟﻪ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻟﺘﺄﻛﺪه ﺑﺴﻨﮫﺎ ﻟﻪ، وﻟﻪ ﻣﺮاﺗﺐ أﺧﺬ ﻓﻲ ﺑﯿﺎﻧﮫﺎ ﻓﻘﺎل
وأﻓﻀﻠﻪ اﻟﻌﯿﺪان ) ﻟﺸﺒﮫﮫﻤﺎ اﻟﻔﺮض ﻓﻲ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ، وﺗﻌﯿﻦ اﻟﻮﻗﺖ، وﻟﻠﺨﻼف ﻓﻲ أﻧﮫﻤﺎ ﻓﺮﺿﺎ ﻛﻔﺎﻳﺔ، وأﻣﺎ
ﺧﺒﺮ ﻣﺴﻠﻢ: { أﻓﻀﻞ اﻟﺼﻼة ﺑﻌﺪ اﻟﻔﺮﻳﻀﺔ ﺻﻼة اﻟﻠﯿﻞ } ﻓﻤﺤﻤﻮل ﻋﻠﻰ اﻟﻨﻔﻞ اﻟﻤﻄﻠﻖ. وﻗﻀﯿﺔ ﻛﻼﻣﮫﻢ
ﺗﺴﺎوي اﻟﻌﯿﺪﻳﻦ ﻓﻲ اﻟﻔﻀﯿﻠﺔ، وﺑﻪ ﺻﺮح اﻟﻤﺼﻨﻒ ﻓﻲ ﺷﺮح إرﺷﺎده, وﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﺴﻼم أن ﻋﯿﺪ
اﻟﻔﻄﺮ أﻓﻀﻞ وﻛﺄﻧﻪ أﺧﺬه ﻣﻦ ﺗﻔﻀﯿﻠﮫﻢ ﺗﻜﺒﯿﺮه ﻋﻠﻰ ﺗﻜﺒﯿﺮ اﻷﺿﺤﻰ; ﻷﻧﻪ ﻣﻨﺼﻮص ﻋﻠﯿﻪ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
وﻟﺘﻜﻤﻠﻮا اﻟﻌﺪة وﻟﺘﻜﺒﺮوا ﷲ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ھﺪاﻛﻢ } ﻗﺎل اﻟﺰرﻛﺸﻲ: ﻟﻜﻦ اﻷرﺟﺢ ﻓﻲ اﻟﻨﻈﺮ ﺗﺮﺟﯿﺢ ﻋﯿﺪ
اﻷﺿﺤﻰ; ﻷﻧﻪ ﻓﻲ ﺷﮫﺮ ﺣﺮام وﻓﯿﻪ ﻧﺴﻜﺎن: اﻟﺤﺞ, واﻷﺿﺤﯿﺔ. وﻗﯿﻞ: إن ﻋﺸﺮه أﻓﻀﻞ ﻣﻦ اﻟﻌﺸﺮ
اﻷﺧﯿﺮ ﻣﻦ رﻣﻀﺎن. اھ

Referensi
بغية المسترشدين ص ٦٧
(مسئلة ب ك) تباح الجماعة فى نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة فى ذلك ولا ثواب نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب وأى ثواب بالنية الحسنة فكما يباح الجهر فى موضع الإسرار الذى هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة وكما يثاب فى المباحات إذا قصد بها القربة كالتقوى بالأكل على الطاعة هذا إذا لم يقترن بذلك محذور كنحو إيذاء أو اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها

Wallohu a'lam bis shawab

No comments:

Post a Comment