Wednesday, December 19, 2012

Hukum Jual beli barang ghaib ( yang belum diketahui)singkong dalam dalam tanah?



PERTANYAAN

  • Putrae Pertamae

assalamualaikum

bagaimana hukum menjual pohong / tenggeng yang masih dalam tanah?
sah/tidak?


JAWABAN
  • Moch Al Ghazaly
  Tidak sah menjual barang yang ghoib(belum diketahui barangnya)oleh salah satu penjual atau membeli atau keduanya pembeli dan penjual
karna hal tersebut tidak tahu barangnya celah atau tidak
mengandung tipuan atau tidak.

coba ini pahami ta'bir 
dari kitab 
بغية المسترشدين في تلخيص فتاوى بعض الأئمة من العلماء المتأخرين
لا يصح بيع غائب لم يره المتعاقدان أو أحدهما كبيع حصته في مشترك لم يعلم كم هو ، فطريقه أن يبيعه الكل ، أي إن كان معلوماً بكل الثمن فيصح في حصته بحصتها من الثمن ، وطريق تمليك المجهول المناذرة ونحوها ، وفي قول يصح بيع المجهول ، وبه قال الأئمة الثلاثة ، وحيث قلنا بالبطلان فالمقبوض به كالمغصوب ، ولا يخفى ما يترتب عليه من التفريع والحرج ، فالأولى بالعالم إذا أتاه العوام في مثل ذلك أن يشدّ النكير فيما أقبل ويرشدهم إلى التقليد في الماضي ، إذ العاميّ لا مذهب له ، بل إذا وافق قولاً صحيحاً صحت عبادته ومعاملته ، وإن لم يعلم عين قائله كما مر في المقدّمة



  • Syifa Ramadhany
 Idem ustadz Moch Al Ghazaly
Haram menjual sesuatu yang mana pembeli belum melihatnya sebelumakad karena Khawatir akan ketertipuan sebab ada dalil yg diriwayatkan oleh imammuslim Bahwa Rosululloh Saw "Telah melarang jual beli yg bersifat samar yaitu jual beli yangmengandung Unsur samar terhadap benda yang diJual
Al-imam Al-husni berkata : untuk sah jual beli tersebut ada dua pendapat salah satu darikedua pendapat tersebut mengatakan sah terhadap jual beli itu Qoul ini yang mengatakanada tiga imam 
1 - Imam Syafi'i Imam Maliki Imam Hanafi dan sekelompok imam kita,mereka itu antara lain imam Al-Baghowi danImam Ar-Ruyani.
Adapun qaul jadidnya imamSyafi'i yang lebih jelas jual beli tersebut tidak sah karena mengadung unsur samar

(و) يحرم أيضا بيع (مالم يره) قبل العقد حذرا من الغرور أي ألخطر لما روى مسلم أنه صلى الله عليه وسلم نهى عن بيع الغرر أي البيع المشتمل على الغرر فى المبيع قال الحصني وفى صحة بيع ذالك قولان احدهما أنه يصح وبه قال الأمة الثلاثة وطائفة من أئمتنا منهم البغوي والروياني والجديد الاظهر أنه لايصح لانه غرر انتهى.

سلم التوفيق ص ٥٣

  • Link Asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/425464827524878/?comment_id=425471580857536&notif_t=like

No comments:

Post a Comment