Wednesday, August 14, 2013

Sejarah Islam di Inggris


Agama Islam di Inggris telah ada sejak beberapa abad silam. Karenanya, tak heran bila agama yang dibawa Rasulullah SAW mendapat tempat di hati warga Inggris. Sejumlah tempat ibadah pun akhirnya berhasil didirikan.

Namun, belakangan ini, seiring dengan gencarnya phobia terhadap umat Islam, agama yang mulia ini kerap dijadikan bahan ledekan oleh mereka yang tak memahami Islam. Walau begitu, hal tersebut tak menyurutkan niat seseorang yang diberi hidayah Allah untuk terus menyuarakan Islam.

Pada pertengahan abad ke-19, ada tiga orang pelopor yang berjasa menyebarkan Islam di Inggris. Mereka adalah Baron Headley, Marmaduke Pickthall, dan William Henry Quilliam. Meskipun hanya sedikit orang yang mengenal nama mereka di zaman sekarang, ketiga pria ini bertanggung jawab atas terjadinya revolusi agama yang mengguncang publik Inggris hingga ke akarnya.

Mereka adalah orang-orang Kristen aristokrat yang masuk Islam sehingga membuat masyarakat Victoria marah. Mereka mencoba mengubah image Islam di antara masyarakat Inggris yang pada saat itu berprasangka buruk terhadap Islam. Mereka adalah para pejuang yang berusaha untuk mengubah prasangka buruk terhadap Islam, pada saat masyarakat Inggris menganggap Islam sebagai agama yang menakutkan dan asing.

Untuk mengetahui kisah selengkapnya, silahkan simak video berikut yang merupakan dokumentasi BBC:



No comments:

Post a Comment