Thursday, July 11, 2013

Jangan Merasa Lebih Baik dari Muslim yang Lain

Kita seharusnya selalu rendah hati. Jika Allah telah memberi kita kesempatan untuk mengerjakan banyak amal baik, jangan berpikir bahwa orang lain tidak mengerjakan amal baik. Aku akan memberitahumu sebabnya.

Ada berapa banyak amal baik? Jumlahnya ribuan. Berapa banyak amal sunnah? Jumlahnya ratusan ribu. Jadi jika kita mengerjakan 20 amal baik, orang lain mungkin telah mengerjakan 40 amal baik, tapi amal baiknya berbeda dari amal baik yang kita kerjakan. Jadi ketika kita melihat orang itu, dan kita melihat apa yang dia kerjakan tidak seperti yang kau kerjakan, maka kadang kita mulai berpikir bahwa  dia tidak Islami.

Tapi tunggu dulu, dia mungkin mengerjakan amal baik lainnya, mungkin bahkan jauh lebih baik daripada kita dari segi kualitas dan kuantitasnya, tapi kita tidak mengetahuinya.

Jadi berhentilah menghakimi. Jangan pernah menilai buku dari covernya saja. Jika Allah memudahkan kalian untuk menutupi diri dengan jilbab, katakan Alhamdulillah, tapi jangan lihat orang-orang yang tidak melakukannya dan berpikir bahwa mereka tidak saleh. Jika kalian bisa memanjangkan jenggot, Alhamduillah, tapi jangan pernah menilai orang-orang yang tidak melakukannya berarti imannya rendah. Mungkin mereka berbakti kepada orangtua tapi kita tidak melakukannya, mungkin mereka tidak bergunjing tapi kita melakukannya. Mungkin mereka mengerjakan tahajjud, tapi kita tidak.

Jadi amal baik ada banyak, amal baik tidak sebatas pada apa yang kita lakukan saja. Semoga Allah menjadikan kita menghormati sesama. Semoga Dia menjauhkan kita dari bergunjing, bergosip, dan hal-hal tercela lainnya.

Cara kita menghormati dan menghargai Rasulullah S.A.W. hanyalah dengan mengikuti apa sabdanya.
Dia tidak ingin yang lainnya, dia hanya ingin agar kita mengikuti ajarannya dan menghentikan segala sesuatu yang tidak menyenangkan Allah.


Ayo Subscribe ke YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/arceuszeldfer
Ayo Like Facebook Page-nya: Lampu Islam

No comments:

Post a Comment