Sunday, October 7, 2012

Jeritan Ilalang (Sinopsis)

SINOPSIS NOVEL
Novel Jeritan Ilalang By Anggie D. Widowati
Impiannya menjadi seorang wartawan, menjadi kenyataan. Dengan segenap jiwa, raga dan tanggungjawab, Andika Puteri (Andi) melaksanakan tugas itu. Waktu berlalu, perjalanan panjang Republik ini, berpengaruh pada mekanisme yang ada saat itu. Krisis moneter, krisis ekonomi, membabat semua lapisan kehidupan di negeri tercinta ini.
Perusahaan pers pun ikut mengalami krisis. Para wartawan akhirnya banyak yang di gusur. Para kuli tinta ini pun menjerit. Mereka baru merasa bahwa selama ini hanya dijadikan semacam alat produksi berita. Idealisme mereka dijual untuk mendapatkan keuntungan materi semata.
Para wartawan, selalu berperan dalam pergelutan politik suatu bangsa. Mereka bisa merubah apa saja, termasuk pergantian kepemimpinan bangsa. Tetapi di balik semua peran superheronya itu, mereka disia-siakan oleh perusahaan pers. Mereka hanya dianggap "mesin" pencetak berita, yang kalau sudah usang, mereka akan dibuang begitu saja.
Semua realitas ini, kemudian juga menyeret Andi pada kenyataan pahit, kehidupan serorang wartawan. PHK sepihak, ketidakadilan hukum, telah menjadikannya begitu terbuang. Bahkan dia juga harus kehilangan buah hatinya...
Jakarta 13 Oktober 2011

No comments:

Post a Comment